16 Desember 2022

 

     

Pelantikan pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Padang masa bakti 2022-2025 dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec selaku Wakil Ketua Bidang III Pengurus Pusat ISEI.

Hermanto melantik pengurus inti ISEI Cabang Padang Periode 2022-2025 dengan susunan sebagai berikut :

Ketua                   : Endrizal Ridwan, Ph.D

Wakil Ketua         : Dr. Doni Satria

Sekretaris            : Dr. Fajri Muharja

Wakil Sekretaris  : Kasman Karimi, S.E, M.Si

Bendahara          : Prof. Dr. Ratni Prima Lita

dan Dewan Penasihat, Koordinator dan anggota bidang dan sub-bidang yang ada pada struktur kepengurusan di ISEI Cabang Padang

Setelah acara pelantikan pengurus ISEI Cabang Padang Periode 2022-2025 kegiatan dilanjutkan dengan Kuliah Umum “Kecenderungan Perekonomian Global dan Pentingnya Pengembangan Ekonomi Sirkuler”.

Pada kegiatan pelantikan dan Kuliah Umum tersebut tampak hadir Wahyu Purnama A (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar), Efa Yonnedi, SE., Ak., MPPM., Ph.D  (Dekan FEB UNAND), Gunawan Wicaksono (Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi  Sumbar), dan Donni fajar Anugerah (Deputi Direktur Bank Indonesia Institute), Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE., MA (Ketua ISEI Cabang Padang Periode 2019-2022).

09 Desember 2022

Dalam upaya memanfaatkan limbah lidi yang dihasilkan oleh pengrajin ketupat di Nagari Simpuruik Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, Tim Pengabdi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas yang diketuai oleh Bapak Dr Fery Andrianus mengadakan kegiatan pelatihan pengolahan limbah lidi menjadi produk yang bernilai ekonomi. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 5 hari yaitu pada tanggal 19 September sampai dengan 23 September 2022. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Camat Sungai Tarab yang dalam ini diwakili oleh Sekretaris Camat Sungai Tarab yaitu ibu Yetty Asben, SE, MSi. Selain itu, acara pembukaan juga dihadiri oleh Wali Nagari SImpuruik yang diwakili oleh Sekretaris Nagari, ketua Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) dan pengawas BUMNAg.  Turut hadir dalam kegiatan inii adalah Ibu Dr. Rita Rahayu, Ibu Rayna Kartika dan juga ibu Dr. Annisa Rahman sebagai anggota tim pengabdi dan juga perangkat nagari Simpuruik.

Dalam sambutannya, Dr. Fery Andrianus menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan pemberdayaan ekonomi di nagari Simpuruik melalui pemanfaatan limbah lidi yang memang banyak terdapat di Nagari Simpuruik. Sebagai salah satu desa penghasil ketupat di kabupaten tanah datar, tentunya di daerah ini sangat banyak tersedia limbah lidi. Limbah ini dulunya hanya dibiarkan begitu saja dan hanya menjadi sampah yang tentunya sangat mengganggu kebersihan lingkungan. Melihat kondisi ini tim pengabdi dari FEB Unand merasa tergerak untuk mengajak masyarakat di nagari Simpuruik ini untuk memanfaatkan dan mengolah limbah lidi ini. Limbah lidi ini jika diolah ternyata dapat menghasilkan produk yang ber nilai jual cukup tinggi. Adapun produk-produk yang bisa dihasilkan dari limbah lidi ini adalah produk berupa piring sanggan, keranjang buah, carano, mangkok dan lainnya.

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh ibu-ibu rumah tangga dari Nagari Simpuruik, diharapkan dapat membantu masyarakat di nagari Simpuruik dalam meningkatkan perekonomian mereka. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dalam mendorong pemberdayaan ekonomi wanita.

04 November 2022

Studi Banding Karyasiswa Bappenas Prodi Magister Ekonomi FEB Unand

 

Bappeda Kota Surakarta                                                           FEB UNS 

 

Program Studi Magister Ekonomi Universitas Andalas (ME Unand) merupakan program magister yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten pada bidang perencanaan dan pembangunan dengan berlandaskan ilmu ekonomi. ME Unand bekerjasama dengan Pusbindiklatren Bappenas menyelenggarakan kelas khusus Perencanaan Pembangunan untuk karyasiswa penerima beasiswa Bappenas. Penyelenggaraan kelas perencanaan dan pembangunan ini merupakan upaya untuk menjawab tantangan pelaksanaan otonomi daerah, pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Globalisasi.

Kelas Perencanaan dan Pembangunan didesain secara khusus dengan berbagai cara sehingga karyasiswa yang memiliki latar belakang Pendidikan non ekonomi mampu memahami ilmu ekonomi secara baik. Studi Banding merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh ME Unand untuk mengembangkan kapasitas dan mutu lulusan pada kelas perencanaan dan pembangunan. Studi Banding merupakan sebuah kegiatan lapangan untuk meninjau dan melakukan observasi pada suatu objek atau tempat yang diyakini memiliki keunggulan pada aspek perencanaan, pengembangan, dan pembangunan.

Studi Banding dilakukan dengan tujuan mengambangkan wawasan dan pengetahuan yang akan diaplikasikan pada perencanaan berkelanjutan. Oleh karena itu, Karyasiswa ME Unand kelas Perencanaan dan Pembangunan melaksanakan Studi Banding ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Surakarta serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Sebelas Maret (FEB UNS) di Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah rombongan 17 orang yang terdiri darii 13 orang karyasiswa dan 4 dari civitas akademika FEB Unand pada tanggal 30 Oktober s.d 2 November 2022